Wisdom from Expert

Sunday, September 14, 2008

Mari berkontribusi….

(bagian 2)
by Teguh Yoga Raksa

Setelah mencoba menjadi apa yang diharapkan perusahaan, dengan 7 tips yang sebelumnya saya sebutkan (baca kontribusi bagian I), dengan memulai dari diri sendiri dan dengan sepenuh hati berkontribusi . Saya mencoba mencuplik beberapa formulasi orang – orang sukses terdahulu untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari, diantaranya : Be a positive ,Be a Strategic , Be a Good finder, Be a Problem Solver and Be a motivator.

Be a positive

Salah satu tingkah laku orang sukses yang sering digunakan banyak orang adalah selalu berpikir positif. Berfikir positif ini tentunya bukan hanya sekedar selalu berpikir positif tanpa adanya landasan yang jelas atau pertimbangan yang tepat. Dasar kebiasaan ini tentunya dimulai semua hal yang terkait pada kegiatan sehari – hari yang selalu kita lakukan, menjadikan semua peristiwa menjadi peluang dengan tetap berkeyakinan positif di masa yang akan datang. Berpikiran positif bisa diinterpretasikan pada beberapa tingkah laku kita sehari –hari , seperti : selalu melihat sisi baik, tidak pernah berprasangka buruk pada keadaan,orang maupun pekerjaan, selalu berkeyakinan bahwa ada sisi baik dibalik kejadian dan lain – lain , Mungkin anda tahu bagaimana kisah sukses seorang Gardner yang dengan tegar dan selalu positif, berjualan mesin sinar x, sambil melakukan usaha lain untuk bekerja di pasar saham (Lihat film : Pursuit of Happiness). Seorang Bill Gates yang dengan berani mendekati seseorang di kedai kopi untuk menyanggupi membuatkan perangkat lunak beberapa minggu lebih cepat dibanding dengan perusahaan lain yang saat itu sudah melakukan penawarannya pada perusahaan besar sekelas IBM, dari peristiwa itulah awal mula munculnya Microsoft DOS atau Lebih dikenal dengan MS DOS. Atau bahkan bapak proklamator kita Ir. Soekarno yang selalu berpikir positif walaupun ditentang habis – habisan oleh pejajah dengan segala perlakuan yang diterima beliau, dia percaya dan yakin bahwa kemerdekaan Negara ini akan tercapai dengan cara apapun.
Semua kisah sukses tersebut tentunya diawali dari cara berpikir yang selalu positif, Ir. Soekarno, Gardner maupun Gates selalu yakin bahwa apapun yang terjadi pada akhirnya akan ada pelajaran yang dapat dipetik, tapi barang tentu semua pekerjaan yang dilakukan oleh ketiga orang tersebut disertai dengan kerja keras dan sepenuh hati. Jika digambarkan bagaimana respon seseorang terhadap situasi serta hal – hal yang mempengaruhi keputusan untuk bertindak dapat digambarkan seperti telihat pada gambar (LAS®model). (bersambung…)

No comments: