Wisdom from Expert

Sunday, September 14, 2008

Mari Berkontribusi .....

by Teguh Yoga Raksa (2008)


Pernahkan terpikir, menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin terlintas dalam pikiran anda :

Bagaimana kontribusi kita pada kesukesan perusahaan ?
Bagaimana kalo kita tidak ada ?
Bagaimana kalo kita tidak bekerja secara optimal ?
Bagaimana jika keberadaan kita sebetulnya tidak berpengaruh pada kinerja perusahaan ?

Untuk itu, mari kita telusuri sebetulnya seberapa penting kontribusi kita pada perusahaan. Saya ingin mencoba mengajak para pembaca termasuk saya, untuk merenungi apa sih yang kita berikan pada perusahaan. Saya ingat sekali orang besar No.1 USA, pernah berkata : ” Jangan tanya, apa yang pernah negara berikan kepada anda, tapi tanyakanlah apa yang sudah anda berikan pada Negara ?”. Saya akan menganalogikan ”Negara” dengan ”Perusahaan”. Sehingga jelas sekali bahwa sebetulnya apa yang diharapkan oleh orang besar seperti J.F.Kennedy, adalah bagaimana kita memiliki semangat untuk berkontribusi.

Untuk menjadikan kita selalu bersemangat untuk berkontribusi dalam bekerja, kita lebih produktif dan selalu tertantang, mari kita bersama – sama bertanya pada diri kita ,”Apa yang telah kita berikan pada perusahaan ?”. Pertanyaan inilah yang selanjutnya kita akan diskusikan terkait dengan bagaimana seharusnya kita harus menyikapi apa yang kita kerjakan, yang selanjutnya berhubungan dengan perilaku dan kinerja kita. Untuk menelusuri apakah yang kita kerjakan terkait dengan kesuksesan perusahaan tentunya kita bisa menentukan ukuran kinerja yang sesuai dengan kontribusi kita. Beberapa kerangka kerja yang banyak dipergunakan kebanyakan perusahaan adalah bahwa ukuran kinerja seseorang dalam kesehariannya ada hubungan dengan visi dan misi perusahaan.

Dari visi dan misi perusahaan selanjutnya diturunkan pada peta strategi, dan pada akhirnya dijadikan ukuran kinerja individu tiap karyawan. Diharapkan dari sini kita dapat melihat sejauh mana kita berkontribusi pada perusahaan yang kita tempati. Adanya kaitan apa yang kita kerjakan dengan tujuan perusahaan tentunya akan mendorong kita untuk terus berkarya dan tetap merasa bahwa kita sangat diperlukan oleh perusahaan. Hal ini kemudian diharapkan dapat membuat motivasi karyawan selalu tinggi dan terjaga.

Anggapan bahwa departemen tertentu saja yang memegang peranan penting dalam kelangsungan perusahaan, tentunya akan membuat beberapa persepsi negatif dari karyawan di luar departemen itu, padahal tentunya semua pihak yang terkait dengan jalannya perusahaan memegang peranan penting sesuai dengan takaran kontribusinya masing – masing. Nah untuk itu mari kita mengubah pola pikir kita menjadi lebih positif dimana semua pihak berperan dan berkontribusi untuk kemajuan perusahaan.

Untuk mengaplikasikan dalam kegiatan sehari – hari berikut adalah 7 tip yang mungkin dapat dilakukan (diambil dari berbagai sumber –red) :

Mengubah cara pikir selalu positif, dimana selalu bertanya apa yang sudah kita berikan pada perusahaan ?
Prinsip 1% improvement, setiap hari selalu meningkatkan kinerja/perilaku sebanyak 1 %.
Kualitas merupakan tanggung jawab kita bersama.
Kualitas merupakan hasil dari kerjasama.
Kerja adalah ibadah.
Mulai dengan benar dari sejak awal.
Mulai dari diri sendiri dan mulai dari hal yang kecil.

Pada akhirnya kita semua tahu bahwa karyawan memegang peranan penting bagi perusahaan. Untuk itu mari “dari diri sendiri” dan “mulai dari hal yang kecil” serta “mulai dari sekarang”, kita bersama – sama berkontribusi demi kemajuan perusahaan. Selamat mencoba, salam pembelajar ...Learn, Action and Success (TY)

No comments: