Wisdom from Expert

Thursday, September 16, 2010

Kemana Kita Akan Pergi ?

Teguh Yoga Raksa (2010)

Kebahagian dan Keberhasilan seseorang dimulai dari langkah perencanaan dan aksi,sehingga kita tahu kemana kita akan pergi dan apa yang mau dicapai. (TY)


Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sebuah seminar terkait dengan bagaimana merumuskan masa depan. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit “oleh- oleh” apa yang saya dapat reflesikan dalam kehidupan sehari - hari. Ada 4 peristiwa penting dalam perjalanan hidup kita, peristiwa – peristiwa itu adalah “ Kelahiran” , “ masa hidup” ,“ Menjelang Kematian” dan “ Setelah Kematian”. Tentunya perjalanan ini menjadi garis umum setiap kita untuk kita jalani. Episode yang sedang kita jalanani saat ini adalah “ masa hidup”. Untuk itu mari kita evaluasi ulang apa yang mau kita isi untuk episode ini.

Mau Menjadi Apa Kita ?

Untuk menyederhanakan bagaimana menjalani ”masa hidup” mari kita jawab pertanyaan – pertanyaan berikut ini :

1. Tuliskan 10 keinginan “untuk menjadi apa”, dengan membagi 2 bagian besar, 5 keinginan pada saat ” masa hidup” dan 5 keinginan “setelah kematian”
2. Prioritaskan 2 keinginan ”masa hidup” dan 1 keinginan ”setelah kematian”
3. Jadikanlah menjadi satu pernyataan yang saling terkait atau menjadi satu pernyataan yang dapat memaknai 3 keinginan tersebut.
4. Apakah anda perjalanan anda sekarang ini, baik karir, keluarga dsb merupakan keinginanan anda sejak kecil?
5. Apakah anda meyakini apa yang anda capai saat ini sudah pada jalur ”masa hidup ” yang anda inginkan

Jawablah pertanyaan – pertanyaan ini pada saat anda fokus dan konsentrasi, karena ini akan menjadi ”visi dan misi ” Ke depan dalam manjalani ”masa hidup” kita.
Sebagai contoh visi kedepan saya adalah “Improving life quality of Indonesian people”, dalam hal ini merefleksikan keinginan saya untuk menjadikan bermanfaat bagi semua orang dan menjadikan anak kita sebagai calon pemimpin indonesia di masa depan, hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan fasilitas yang cukup dari berbagai hal, materi , pendidikan kesehatan dsb.

Hal ini akan menjadikan gambaran besar, mau menjadi apa kita dalam episode ”masa hidup”, hal inilah yang kemudian dikenal dengan pernyataan visi atau vision statement


Apa yang akan kita lakukan ?

Setelah merumuskan mau manjadi apa kita , maka pertanyaan selanjutnya ”apa yang akan kita lakukan ?”. Hal yang harus dilakukan harus sejalan dengan apa yang kita nyatakan dalam visi kita. Urutan apa yang akan kita lakukan tersebut dapat kita bagi – manjadi beberapa tahap. Misalnya tahap I : 0 – 5 tahun, tahap II : 5 – 10 tahun dst.

Hal ini tentunya disesuaikan dengan jawaban pertanyaan 4 & 5 yang sebelumnya saya tanyakan, apakah yang kita lakukan saat ini sudah sejalan dengan visi kita atau belum. Rumusan ini selanjutnya dikenal dengan pernyataan misi atau mission statement

Apa yang harus dikembangkan ?

Bagian ini adalah bagian terpenting, kita harus melakukan evaluasi pada diri kita, keahlian dan pengetahuan apa yang harus kita punya dalam rangka menjawab visi dan misi yang akan kita lakukan. Evaluasi dapat dilakukan dengan melihat tantangan dunia saat ini dan merefleksikan pada kita. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai metode baik dilakukan sendiri atau melibatkan pihak ketiga. Hal yang paling mudah yang dapat dilakukan adalah meminta masukan dari berbagai pihak, misalnya rekan kerja, atasan atau bahkan bawahan.

Sebagai bagian akhir dari tulisan ini, saya mengajak rekan – rekan untuk mencoba membuat pernyataan visi dan misi, hal ini adalah bagian penting yang dapat kita lakukan dalam mengisi episode kedua dalam hidup kita, Karena kabahagian dan kesuksesan dimulai dari langkah perencanaan dan aksi, sehingga kita tahu kemana kita akan pergi dan apa yang akan kita capai. Selamat mencoba ..salam pembelajar , learn action and success (TY)

No comments: