Wisdom from Expert

Sunday, November 19, 2017

Team Work "ala " Justice League

by Teguh Yoga Raksa 
Lesson Learned from  Justice League MOVIE


Ancaman dan Ketakutan  terganggunya  proses bisnis yang sudah berjalan saat ini akan membuat semua orang lebih inovatif dan lebih bekerja keras untuk berusaha keluar menjadi pemenang dari keduanya, namun strategi yang paling penting dari semuanya untuk tetap bertahan dengan kinerja yang optimal adalah kombinasi dari Team Work , Talent Management dan Leadership untuk memenangkan dari segala macam kompetisi " zaman now "   (@teguhyr  #MyLearningJourney)


Image result for justice league
Source :https://movieweb.com/justice-league-success-future-dc-movie-release-slate/
Jika anda sudah pernah menonton film berjudul Justice League tentunya dapat banyak pembelajaran yang dapat diperoleh, terutama bagaimana kita bisa bekerja sama secara optimal untuk menghadapi ketakutan dan ancaman yang akan menghadang anda di masa depan.

#1. Sadar akan ancaman, tantangan dan resiko yang mungkin terjadi 

Batman dan Wondewoman  yang sudah bekerjasama sebelumnya merasa akan ada ancaman akan kelangsungan hidup penduduk bumi dengan munculnya "steppenwolf" yang berusaha menyatukan 3 - kotak "IBU" yang sebelumnya dipisahkan oleh para superhero dari beberapa kelompok yang ada saat itu. jika 3 kotak ini disatukan akan menjadi kekuatan yang maha dahsyat dan bisa menghancurkan semua mahluk yang ada di bumi.

#2. Membangun Team & Talent Management

Sebagai inisiator Batman dan Wonderwoman berusaha menyatukan semua kekuatan yang ada dari superhero yang saat ini ada, "aquaman", "flash" dan "cyborg". mereka sadar perlu Superman untuk bekerjasama mengalahkan kekuatan steppenwolf dengan 3 kotak yang disatukan, pada akhirnya mereka menghidupkan kembali sosok superman walaupun pada awalnya tidak dapat memastikan apakah mendukung mereka atau tidak. Diperlihatkan bagaimana Batman berusaha menyatukan dan mengelola  talent - talent superhero untuk mengantisipasi kekuatan lawan yang mungkin belum dapat diprediksikan secara tepat.

#3. Strategi Eksekusi & Leaderhip

Sadar akan waktu yang sangat sedikit , dengan segala resources yang ada mereka sepakat membuat startegi untuk berusaha mencegah penyatuan 3 Kotak "IBU".  pada akhirnya Superman datang menjadi kekuatan pendukung menjadi lawan setimbang steppenwolf dan membuat  tidak dapat bertahan. Kerjasama semua superhero yang ada, leadership Batman & Wonderwoman menjadikan semua strategi berjalan sesuai reancana dan yang tidak kalah penting keberuntungan datang ketika saat genting, datangnya Superman menjadi penyokong utama keberhasilan mereka. Faktor pendukung ini tentunya merupakan hasil kerjasama sebelumnya, hasil analisa resiko akan kekuatan lawan yang diprediksi sangat dahsyat.


Pembelajaran penting dari film ini adalah bagaimana kita mengantisipasi ancaman dan ketakutan sebuah organisasi akan tantangan baru dan kompetisi yang ada saat ini. Musuh-musuh tidak terlihat mengancam keberlanngsungan bisnis kita,sehingga perlu inovasi baru , cara baru dalam bekerja sama dan kemimpinan yang cerdas untuk mengoptimalkan performance/kinerja organisasi,.

Salam pembelajar ..Learn Action and Success.


1 comment:

ahmad hidayat said...

That's really cool,, you're brilliant,, can catch a powerful idea about good team work from this film,, but in real situation, many organization not conscious related good ideas in what you have written about team work, especially in government organization culture. So what do you think?
Have we must become a decision maker firstly to change the culture? or are you have idea for this situation?
thank you