Wisdom from Expert

Saturday, February 23, 2008

Pembangkit Listrik Tanpa Tenaga Apapun (PLTAA)

by Teguh Yoga Raksa (2005)

Awal ide ini dimulai ketika saya iseng-iseng belajar membuat tulisan, eh..ternyata aliran listrik seketika mati, dengan sangat menyesal saya tidak menyimpan file yang sudah saya tulis, oh..alangkah malangnya saya saat itu saya sudah membuat tulisan hampir dua halaman penuh. Dari kejadian itu kemudian saya berfikir bagaimana caranya menghasilkan energi listrik secara spontan dan terus menerus, saya teringat bagaimana aliran listrik timbul. Adanya perubahan fluks magnet dalam sebuah kumparan, hal ini dapat dijadikan ide dasar dalam membangun pembangkit listrik sederhana bantuan air, uap bahkan nuklir sekalipun, saya hanya ingin membuat pembangkit listrik yang terus menerus menghasilkan energi listrik tanpa bantuan apapun kecuali peralatan yang saya rancang. Ok..langkah selanjutnya adalah memikirkan komponen yang mungkin kita dapat gunakan sebagai miniatur pembangkit listik ini. Tentunya saya harus menyediakan sebuah magnet permanen dan kumparan kawat untuk menghasilkan medan magnet induksi. Sampai tahap ini agak membingungkan bagaimana membuat sebuah magnet bergerak terus menerus agar menghasilkan perubahan fluks magnet dalam kumparan dan menyebabkan arus listrik induksi. Andaikan punya tiga magnet batang dan yang kedua magnet saya letakan di tengah dan yang lain saya letakan di kedua kutub dengan membuat kutub yang sejenis behadapan, dengan memberikan sedikit ayunan pada magnet yang berada di tengah-tengah akan menyebabkan magnet yang berada di pusat berosilasi, ketika salah satu ujung magnet menyentuh magnet yang lain dengan sedirinya dia akan terdorong kembali karena kedua kutub medan magnet yang bertemu berlawanan untuk lebih jelasnya perhatikan rancang bangun pembangkit listrik spontan berikut (gambar1). Modifikasi dari alat ini dapat dengan memperbanyak lilitan koil sehingga dapat menghasilkan tegangan yang besar, selain itu kita dapat merancang bagaimananya caranya sehingga gerakan menjadi cepat, atau dapat pula hasil keluaran alat di buat transformator step up sehingga menghasilkan tegangan yang besar.
Di akhir tulisan ini saya ingin menanyakan pada pembaca foton mungkin nggak peralatan ini dapat buat ? apa kelemahan dari alat ini ? apakah mungkin magnet yang berada di pusat dapat terus-menerus bergerak ( he..he..mungkin nggak ya.)? Atau mungkin punya ide yang lebih masuk akal dibanding peralatan ini?

29 comments:

R.Panji Satrio Wening Galih said...

bang....ada gambar n tutorial perakitannya gak????

R.Panji Satrio Wening Galih said...

walah baru wacana ya.....

@bdul said...

bang untuk kecepatan mengayun sayarasa kurang efektif karena masih di pengaruhi oleh grapitasi bumi sehingga banyaknya ayunan tidak dapat diperhitungkan, dan gaya sentripental faktor utama yang paling fital mempengaruhi ayunan.
coba saja dulu semoga berhasil.
ok?????

zaidan said...

Kalau ditelaah lagi, terkait dengan hukum kekekalan energi, hal ini (PLTAA) adalah tidak mungkin bisa direalisasikan.
Energi tidak dapat diciptakan, hanya dapat dikonversikan dari bentuk energi yang lain.
Kasusnya mirip prinsip kerja mesin bensin (sepedamotor ataupun mobil), tenaga putar atau ayun pertama diberikan dengan memutar motor stater ataupun mengengkol tuas "selah", dengan ini siklus perputaran terjadi, dimana komponen yang bertugas menyimpan momen putar adalah fly wheel (roda gila), mesin hidup dan tenaga mesin yang dihasilkan dibagi2 untuk kebutuhan yg lain, termasuk meneruskan putaran fly wheel agar tetap berputar, dan ingat energi yg didapat berasal dari bahan bakar.
Satu lagi, pernah lihat generator listrik yang yg biasa kita pakai, ada beberapa yang harus diputar menggunakan mesin diesel dengan cc sampai 3000 cc yang notabene tenaganya sangat besar, ini terjadi karena pada saat generator diputar, akan terjadi gaya tolak menolak pada medan magnet, bisa dianggap generator menjadi sangat alot atau seret, jadi dibutuhkan tenaga yang besar untuk memutarnya.
Nah kalau mau memutar generator tapi tanpa mensuply tenaga apapun...?

sholeh said...

mungkin saja alat itu di buat,tp saya rasa kurang efisien,krn selain daya yg dihasilkan lemah.slit mencari magnet yg sesuai..

pengunaan transformator juga sesuai dgn input.bila input terlalu kecil flux yg ada dikwatirkan malah di serap oleh trafo..

alie said...

mas ojo mimpi... jadilah orang indonesia seng waras......

L1N4 D415UK1 said...

Mas minta tutorial.a donk pliss,,
k sni y !!
Ai___lina@mig33.com

Husen Assegaf said...

saya jg punya ide membuat pembangkit listrik, blue print nya udah jd tp blum d praktekan, heheh sibuk kerja

muhammad ravi said...

u/ referensi sialakan liat di witts.com... Dsna ad contoh genset magnet 'free energy' kpasitas yg besar yaitu 40000watt.. Smgt n trus mencoba!

mandalike said...

bisa mas, caranya kumparan diputar pake motor kecil maka listrik yg dihasilkan dapat digunakan utk memutar motor kecil tsb

ariyanto setiadi said...

Gambarnya mana mas, gk kelihatan,
pasti bisa mas,saya mendukung dari sini.
itu yang bilang gak waras aneh baget suer, la wong Mas ini yang mau njalanin kok, ya biarin aja, terserah dia donk, aneh aja, toh juga gak merugikan orang lain

Teguh Yoga Raksa said...

teman2 thanks atas commentnya, hal ini tentunya membuat wacana tentang pencarian energy alternatif menjadi lebih menggairahkan ....mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin ..tapi saya yakin dengan beberapa eksperimen ini bisa kita lakukan...pastinya tidak dengan tenaga apapun , initiate energi harus kita berikan ..selanjutnya alat kita mengubah menjadi energi listrik selanjutnya memperbaharui kembali energi dengan mengubah manjadi bentuk energi lain dan mengembalikan ke energi listrik kembali ..sehingga initial energi yang sedikit bisa menjadi energi listrik dalam kurun waktu tertentu ..issue sumber energi dan penyimpan energi kedepannya akan menjadi trend di industri saat ini , coba teman2 bayangkan banyak sekali di terminal , airport atau pun dimana saja mencari stopkontak listrik untuk mengisi laptop, handphone , dll...semoga kita selalu berpikir merealisasikan yang tidak mungkin menjadi mungkin ..selamat berkarya..

asap sinobi said...

daya juga mau membantu untuk menjadikan mimpi tu jadi kenyataan tapi gimana ya agar pemerintah mau memberikan dana untuk kita dapat menjadikan purwa rupa yang kita bayangkan seprti hal nya di luar negri.

Ki Tuntun said...

Cara mendapatkan perputaran terus menerus oleh dari magnet dapat dengan cara sederhana yaitu siapkan magnet batang misalnya yang panjangnya 5 cm, tabung silinder panjangnya 5 cm (bisa dari pipa atau bahkan kayu yang dibuat tabung). kawat besi yang agak besar sepanjang keliling tabung dengan sedikit menyerong 2 buah. satu buah batang besi untuk porosnya, potongan kayu untuk memasang silinder.
Caranya : Tabung silinder dililit kawat besi sepasang mulai dari tengah melebar. Letakkan tabang yang telah dililit kawat tersebut pada dudukan kayu dan porosnya. Lalu gantungkan magnet di atasnya secara sejajar, maka lilitan kawat tersebut akan tertarik mulai dari tengah kemudian silinder akan berputar menyesuaikan posisi kawat yang sehingga mencapai ujung kawat yang terdekat dengan kutub magnet batang. karena perputaran lumayan cepat sehingga ketika sampai ujung kawat mendekati magnet akan terlewati sehinggga kembali tiba pada pangkal kawat yang dari tengah dan silinder kembali berputar dan demikian seterusnya, kejadian ini tak sengaja saya menemukannya karena saya mau membuat gulungan layangan dengan poros dan secara iseng melilitkan dua buah kawat yang pendek secara sejajar melebar kebetulan saya punya sebuah magnet batang karena kurang kerjaan saya dekat2kan magnet tersebut ternyata silinder tersebut berputar dari situ saya coba lagi dan saya rapikan kawat yang melingkar tersebut ternyata menghasilkan putaran yang kontinyu.
maaf untuk gambarnya saya tidak tau cara ngirimnya tapi dibayangkan aja kata2 saya lalu buat gmabrnya dan buat modelnya maklum saya masih baru diperinternetan.

Ki Tuntun said...

oya silindernya jangan kaleng bekas susu atau sarden tidak akan bisa, sebaiknya potongan pipa paralon dan buat porosnya pas ditengah jari2 atau diameter lingkaran. kawat yang dililit dibuat seperti ulir baut tapi tidak keliling penuh sisakan kira2 5-10 mm. Ingat kawatnya ada 2 buah satu melebar kekiri satu lagi melebar kekanan.

zev soloist singr said...

mantab...kreatif n imaginatif...sya pkir cma sya yg pnya ideu sprti...bnyak org pntar yg sya tnya tntang ideu sya yg sprti it.v jwabnya gk mngkin...wktu it sya pnya ideu bkin prahu dengan energi timbal balik yg continu..sya pkir ni sma dngan bahasan tuan rumah...y itu mnciptakan energi dri alat itu sendri n kembali ke alat itu sndiri...hidup n mnghidupkan alat itu sndri...ini gila tapi kren kreatif bgt...semangat trus n jgn hrau kn cmoohan orang...jgn ptah sblum puas dngn hasilnya...GBU

teddy dharmapahla said...

setuju deh nanti kita sharing yah cara buatnya..

u_sai collections said...

ane lagi ngegarap ide ini, perputaran magnet dah stabil, tapi hasil aliran listrik masih kecil, walaupun putaranmagnet dipercepat dan lilitan diperbanyak, kayaknya butuh bahan pendukung lain.

Leonardus Yonas Boyke said...

tdk ada gambarnya, wajar banyak yg bingung. tdk ada pengaruh grafitasi (gaya tolak menolak) dan abaikan pikiran kekekalan masa (26thn lalu di bangku 5 SD aku sudah berpikir free energi tapi sadar magnit tdk ada kekekalan masa) bikin loyo.

seharusnya abaikan krn dibanding bensin/diesel/itu juga lebih tdk kekal.

saran paling sederhana ini : http://www.youtube.com/watch?v=bJdLA4w3w58

bayangkan kalau itu di "seri/paralel" atau sambung Inverter wow Free Energy

| nTu | | nTu | | nTu | said...

coba tiru dgn yg ini >> http://www.youtube.com/watch?v=V3qF9E_fWCQ&feature=player_detailpage

Yoyo - Tri Waloeyo Djati said...

Bangsa indonesia merdeka krna orang gila n jgn trgantung m pemerintah (ak dh gak angep pemerintah itu da),ak yakin bisa mz soalx ak pernah tw itu dr cak nun (tmen x slah satu dosen.....)Cerita kalo dia buat pembangkit dengan 3 aki saja untuk mensuplay listrik didaerahx tp untuk daerah mna kurang tw,untuk proses da rangkaian tmbhan tp gak detail cara kerjax secara gamblang tp ak yakin smua bisa,,para ilmuwan yg sukses ak yakin smua gila (dr sudut pndang orang yg gak mau maju),,klo udh coba krim scrensutx k emailku mz,,

HellBoy said...

hehe, mengubah magnet menjadi litrik, kan membutuhkan konversi lagi..?

purwanto ipung said...

sebenarnya bisa saja menggandalan listrik dari satu tempat saja.
1 sumber listrik menjadi 6 energi listrik.
1 kumparan besar dikelilingi 6 magnet yang masing-masing dapat menimbulkan arus listrik... listrik dari salah satu atau dua magnet kecil dapat dijadikan penggerak kumparan besar yang nantinya akan diserap dari magnet kecil lagi. (seandainya)............

handra wahyudi said...

Desain motor penggerak generatornya yg terbuat dari magnet permanen dengan kutub rotor dan stator yang sekutub, magnet ini dipotong dan disusun dengan celah sedemikian rupa agar magnet rotor dan stator selalu saling tolak menolak sehingga menghasilkan putaran, hal yang paling cukup berat mungkin pada saat memasukkan rotor ke stator, karena akan melawan gaya tolak menolak magnet, maka dibutuhkan mekanik pengereman yang sedemikian rupa#

wilianto bagus said...

Setiap mncoba saya sealu gagal terus... mungkin emang gbs kali...

lowo deso said...

bisa saja gan dengan perpaduan elektronik dan kumparan sederhana mungkin juga bisa dibuat denyut berulang menghasilkan medan magnit

Tjandiroso Margono said...

KAYKANYA IDE INI GAK BAKALAN TERLAKSANA..SOALNYA ITU BUTUH MAGNET YANG KUAT....SAYA SUDAH COBA DGN BERMACAM2 JENIS MAGNET...DAN SEMUANYA GAGAL...SILAHKAN KALO ADA YANG BILANG INI BERHASIL.....

logi ray said...

apa sudah menggunakan magnet neodymium????

logi ray said...

saya juga sedang membuat percobaan tentang generator, namun saya tidak menggunakan magnet sebagai tenaga pendorong untuk berputarnya generator tersebut. melainkan menggunakan generator induksi. ada yg pernah dengar generator isolated???
generator tersebut bisa menghasilkan tenaga listrik sendiri.
mari kita teliti sama2 generator isolated ini.
kekurangannya membutuhkan tenaga baterai ada awalnya untuk tenaga pengeraknya. dan tidak dapat langsung diberikan beban kepada genrator.

berikut inspirasi dari saya