Disarikan dari
berbagai sumber oleh Teguh Yoga raksa (
2012)
Ajip pradap dalam salah
satu jurnal ilmiah bidang sosial menjelaskan mengenai kompetensi yang dibutuhkan dari seorang HR Head/HR
manager baik itu level manager madya dan
senior manager, Ajip mengutip jurnal lain yang dijelaskan Narang (2002) ,
menjelaskan kompetensi HR yang biasa digunakan untuk penilaian kinerja akhir
tahun adalah sebagai berikut :
1.
Time Management
2.
Team Building
3.
Personal
Policies
4.
Transparency
5.
Assertvity
6.
Selection
7.
HR Service
8.
Training dan Development
9.
Recruitment
10. Succession
Planning
11. Organization
Development
12. Competency
mapping
13. Reward
Management
14. Performance
Management system
15. Industrial
Relation
Hal yang penting dalam
kompentensi – kompetensi yang harus dimiliki seorang HR Head adalah mampu
menjadi pemercepat dalam formulasi strategi organisasi maupun dalam proses perubahan
Pendapat lain diungkapkan
oleh Ranjekar D ( 2003) , dimana dia melukiskan hubungan antara kompetensi personal HR dengan kredibilitasnya , beberapa
hal yang disarankan yang menjadi hal yang peting dalam menjadi HR yang kredible
adalah
1.
Sound subject knowledge
2.
Personal Workhabits and productivity
3.
Fearlessness
4.
Care and sensitivity
5.
Playing it low key
6.
Comfort with dilemmas and ambiguities
Personal HR harus
menciptakan hal – hal yang positif setiap waktu untuk menjadi kredibilitasnya ,Hal lain dijelaskan oleh
Richard ( 2003) bahwa kompetensi yang berhubungan dengan suksesnya tidaknya
peranan HR meliputi
1.
Networking and internal consultancy
2.
Interpersonal sensitivity
3.
Theoritical Basis Perspective
4.
System and process orientation
5.
Qualitative analysis
6.
Project management
No comments:
Post a Comment